Loading...

7 Jalan promosi di Facebook terbaru

Hai Soger, saya yakin bahwa soger semuanya sudah tahu apa itu Facebook, bahkan sudah menjadi pengguna setia didalamnya, kalau boleh tahu berapa tuh jumlah temannya ? Pasti banyak. (Saya sedikit kok) Kalau begitu tinggal tambahkan teman sana-sini nanti juga diterima meskipun tak semuanya. Bicara facebook, ada kaitannya nih disini (Mau bahas facebook ceritanya ?) Bukan, tapi sesuatu yang menyangkut dengan jejaring sosial yang cukup populer ini. Yakni, bagaimana promosi di Facebook dan tentunya terbukti ampuh (Tentunya berbekal kerja keras serta kerutinan dalam melakukan promosi).

7 Cara terbaru Promosi di Facebook

Tentunya banyak sekali cara-cara lainnya yang banyak dikembangkan oleh blogger diluaran sana. Tapi kali ini Super Soger akan menampilkannya dalam beberapa bahasan yang terangkum dalam 7 sub didalamnya.

1.  Menambah Teman

Dalam dunia promosi, semakin banyak teman semakin banyak rezeki. Karena tidak semua orang sibuk didepan situs Facebook mereka, namun ada beberapa yang cukup aktif didalamnya. Jadi, tak menutup kemungkinan bila banyaknya teman yang kita miliki, menjadi jalan promosi yang terbuka kian melebar. Setiap promosi yang kita lakukan meskipun tidak semuanya diklik, setidaknya mungkin ada yang diminati sudah terasa baik.

Terlebih bila kita mengenal teman-teman kita, kita tak harus tahu dari dunia nyata. Kita bisa melihat komunitas apa saja yang dia sukai atau halaman-halaman yang memang dia minati. Mungkin saja ada niche blog kita yang membahas dengan topik yang sama. Sehingga kita bisa memberikan promosi pada dindingnya di Facebook. Cara ini juga terkesan lebih efektif daripada hanya mempublikasikannya di Beranda yang senantiasa begitu mudahnya tergeser oleh status-status orang lainnya.


2. Meghargai tautan orang lain

Memang, akhir-akhir ini banyak sekali spam yang marak di Facebook. Akibatnya membuat sebagian orang takut bila menjumpai tautan pada dindingnya. Ini memang wajar, namun bukan berarti menjadi peraturan yang mengakar, artinya tidak selamanya kita harus menganggap setiap tautan adalah spam. Padahal banyak sekali memang yang diakui bahwa diantaranya tautan tersebut terkandung informasi yang dapat menambah wawasan, selain juga bagian untuk membentuk reputasi diri.

Bagaimana tautan kita akan dihargai, ketika tautan orang lain sama sekali tidak kita hargai. Bila itu memang bermanfaat, tak ada salahnya Anda memberikan waktu untuk menyimaka apa yang dibahas didalamnya. Semakin sering Anda melakukan hal itu, semakin mudah Anda dalam menerima kunjungan dari tautan yang Anda bagikan, karena sebagai seseorang yang ramah tentu saja tak menutup kemungkinan teman-teman Anda melakukan hal yang sama meskipun tidak sama persis, bisa orang-orang lainnya.

3. Membentuk Komunitas

Banyak cara untuk melakukannya, bisa membuat grup atau halaman tertentu. Dari sana, tugas utama kita adalah bagaimana membuat pengunjung mau untuk menyukainya (Saya mau kalau dikasih gratisan pulsa). Semakin banyak jumlahnya tentu semakin terbuka jalan untuk membuat blog jadi lebih populer. Membentuk komunitas yang seru tentu akan menambah keakraban pemilik Blog dengan para pengunjungnya, selain juga memudahkan penulis untuk melakukan promosi didalamnya.

Meskipun tidak mudah, Anda bisa mempromosikan Komunitas di banyak sekali situs atau jejaring sosial lain yang Anda miliki, Baik itu twitter bahkan situs blog Anda sendiri. Komunitas yang dirawat dengan baik tentu akan memberikan hasil yang lebih baik daripada yang dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya. Disinilah bentuk kerutinan yang menjadi tugas seorang Admin dibutuhkan.


4. Bergabung bersama Komunitas lain

Tak sekedar membentuk, jalan lain yang bisa ditempuh untuk menyebarkan tautan artikel yakni bergabung dengan komunitas yang ada. Beberapa diantaranya mungkin bergabung dengan komunitas yang tersebar ataupun yang disarankan oleh teman-teman terdekat kita. Bisa juga kita mencarinya sendiri dengan menggunakan form pencarian yang ada. Semakin banyak dan beraneka ragam komunitas yang kita sukai, baik itu berupa halaman maupun grup, tak menutup kemungkinan bagi kita selain berbagi ilmu secara langsung tapi juga memberikan tautan pada blog kita.

Dengan bergabung juga sebenarnya kita bisa mendapatkan banyak manfaat lain didalamnya, yakni mendapatkan inspirasi dari banyak orang yang berbagi informasi, bisa juga bersumber dari pertanyaan yang dilontarkan oleh banyak orang.

5. Melalui pesan pribadi (private messages)

Anda bisa memanfaatkan pesan pribadi untuk ambil bagian dalam memberikan tautan. Tentunya, beberapa syarat harus dipenuhi. Misalnya saja teman kita memang tergabung dengan komunitas kita atau tergabung dengan komunitas yang sama dalam lingkup topic. Syarat lain yang mungkin bisa dicoba adalah kepada teman-teman yang cukup akrab dengan kita, bisa juga sahabat sekolah serta teman-teman akrab lainnya.

Pesan pribadi memiliki kesan yang kuat dibanding hanya membagikan tautan pada beranda atau sekedar menuliskannya pada dinding, namun kita harus memberikan informasi tentang tautan yang kita bagikan, misalnya membalas dengan huruf atau kata tertentu bila sudah tidak ingin dikirimi. Sehingga tidak menimbulkan kesan yang terpaksa dan mau tidak mau untuk membaca kiriman Anda pada Pesan pribadi.


Kesimpulan

Dalam melakukan promosi artikel, tentunya blogger dituntut untuk memberikan cara-cara kreatif sebagai cara untuk menghadapi persaingan yang kian sengit. Beberapa cara diatas tentu bisa dicoba bila memang tidak memuaskan, tak ada salahnya untuk lebih dikembangkan.


4 komentar

Kalau ikut grup yang ngga jelas judulnya dan gunanya untuk apa saya sudah langsung keluar dari grup di facebook itu haha

Reply

Benar sekali mbak, salah satu tugas adminnya memang untuk senantiasa merawat komunitas yang dibuatnya dengan memberikan tautan terbaru didalamnya dan berbagi bersama, Lagipula masih banyak kok komunitas yang masih dirawat oleh pemiliknya. Terima Kasih

Reply

betul, kalo jualan di facebook harus aktif menambahkan teman ya

Reply

Tentunya kita juga harus selektif juga, mengingat tidak semua orang menyukai produk yang kita jual. Kita bisa mengunjungi komunitas yang mungkin memiliki minat yang sama dengan produk kita, dengan begitu kita bisa melihat anggotanya dan menambahkannya sebanyak teman guna menawarkan brand kita. Semoga bermanfaat mbak. Saya sudah mampir, resolusi yang menarik untuk blog Anda semoga terwujud.

Reply

Post a Comment

Bagi sobat yang selesai minum kopi eh maksudnya baca artikel disini, jangan lupa sempatin waktu untuk bagi-bagi Komentar Jangan pelit-pelit. Selain menjadi respon agar tak hanya membisu juga membantu kita untuk saling berkunjung . Terima kasih.

CodeNirvana
Newer Posts Older Posts
© Copyright Super Soger | Designed By Code Nirvana
Back To Top