Loading...

5 Perencanaan sebelum membuat Blog gado-gado

Salam Sobat Blogger ( Soger ). Bagi sobat Blogger yang kebetulan ingin membuat Blog gado-gado, sebenarnya ada 5 Perencanaan penting bila memang ingin mengelola dan mengembangkannya lebih lanjut. Karena memang terdapat Manfaat dan Keuntungan Blog Gado-gado. Sama halnya dengan Blog lainnya, perencanaan yang matang tentu menjadi faktor yang kuat untuk bisa bersaing didunia Internet. Bukan tidak mungkin, saat Anda pernah mengembangkan Blog gado-gado kemudian kandas ditengah Jalan Anda bisa mencoba beberapa perencanaan berikut yang terbagi menjadi 5 angka.

5 Perencanaan sebelum membuat Blog Gado-gado

Blog yang terkenal dengan tema yang campuran ini tentunya juga memiliki kesamaan dengan blog yang hanya bertopik satu niche. Beberapa tips berikut mungkin bisa menjadi panduan sebelum menulis Blog dengan beragam bahasan. Kita mulai dari Pemilihan Topik untuk Blog.

1. Pemilihan Topik Blog

Meskipun kita bisa menambahkan beberapa topik dilain waktu bila memiliki pemahaman didalamnya. Tentu pada saat awalnya kita harus memilih 3 sampai 4 topik yang menjadi bahasan utama berdirinya Blog. Mengingat topik yang diangkat memang cukup beragam, tentu kelihatannya tidak begitu sulit untuk menentukannya bila memang sudah dipersiapkan secara matang. Dengan banyak membaca dan menambah pengalaman baru semisal mencoba hal-hal positif tentu tak sulit untuk menentukan topik yang memang disukai.

Dengan menulis topik yang disuka dan mau belajar hal baru, tentu selain tak sulit menemukan ide postingan juga semakin membuka wawasan yang lebih berkembang.Pemilihan topik yang tepat tentu tidak membuat kita panik dalam menjawab pertanyaan dari pembaca yang memiliki kaitan didalamnya.

2. Siapa pembacanya ?

Pembaca menjadi hal penting dan bahkan banyak dicari jawabannya. Buktinya seringkali kita melihat bahasan bagaimana meningkatkan pengunjung itu sendiri. Sebenarnya, meningkatkan pengunjung bukanlah hal yang sulit bila kita sudah tahu arah yang dituju. Misal mengunjungi komunitas yang seragam dengan topik yang kita bahas.

Rajin bergabung dan melihat-lihat pertanyaan yang diajukan oleh anggota di situs-situs forum yang mungkin masih belum dijawab, kita bisa membuat jawabannya dengan tetap menjadikan jalan para pengunjung ke Blog kita. Kalaupun kita tidak bisa meninggalkan alamat Blog, mungkin kita bisa menyarankan padanya untuk menulis judul tertentu di Blog dan mengatakan bahwa itu akan menjawab pertanyaan yang diajukan.

3. Penampilan yang sesuai

Sesuai tidak hanya responsive, namun desain yang responsive juga merupakan bagian yang jangan dilewatkan. Tapi ada beberapa aspek lain yang tak kalah penting sebagai pendukung penampilan yang sesuai dengan Blog gado-gado Anda. Misalnya dalam pemilihan warna, bagaimana memilih warna yang baik tentu bkanlah hal mudah kalau memang belum terbiasa, tapi kalau sudah begitu memahami tentu tak sulit untuk membuatnya cocok dengan topik maupun target pembaca Anda. Karena memang warna memiliki beberapa manfaat didalamnya, Anda bisa membacanya lebih lanjut pada Apa Pengaruh warna pada Blog.

Penampilan yang sesuai tak hanya memberikan manfaat pada Pemiliknya, tapi juga para pengunjungnya. Sebagai contoh saja, tampilan Blog yang mengandung banyak gambar yang menarik tentu saja memuat lebih lama dibanding penggunaan template yang lebih simple dengan pemilihan beberapa warna saja didalamnya.  Meski begitu, kalau pengunjung akan memilih tentu dipilihlah yang lebih cepat yakni tampilan Blog yang tentu saja lebih membuat mereka nyaman, karena memang tujuan mereka adalah membaca bukan memelototi setiap gambar-gambar manis di Blog Anda.

4. Pengolaan didalamnya

Untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Sampai kapankah Anda mengurusi sendiri blog Anda, tentu tak ada yang bisa menebak tapi sampai sejauh manakah Anda bisa memperbaharui setiap tulisan Anda, itu yang penting. Karena memang kehidupan yang serba dinamis, memanglah menuntut kita untuk bisa mempertahankan diri untuk tetap rajin memberikan informasi terbaru didalamnya.

Ada beberapa cara yang saya jumpai dibeberapa situs, misalnya pada blogodolar.com, Blog yang dikelola oleh Saudara Herman Yudiono ini juga mengundang kontributor didalamnya. Hal ini tentu saja memiliki banyak manfaat, selain dapat memperkaya informasi Blog dan tak kalah pentingnya adalah bisa memperbaharui informasi, juga memberikan manfaat oleh para penulisnya. Karena memang situs blogodolar.com cukup terkenal, tentu banyak sekali yang mengharapkan backlink dari situs tersebut.

Apakah hanya Blogodolar ? Tidak juga, karena banyak sekali situs serupa yang terkenal meskipun tidak selalu mengambil satu niche. Bahkan tipe Blognya gado-gado, ini sangatlah bermanfaat bagi yang ingin mencari inspirasi untuk tulisan, mungkin saja ada satu dua topik yang memiliki kesamaan didalamnya, apalagi hampir semuanya. Dia adalah Juragan Cipir, situs yang beralamat di www.juragancipir.com memang tidak surut pengunjung, ini dibuktikan dari banyaknya komentar yang masuk pada masing-masing postingannya.

5.  Optimasi SEO, baik On page maupun off page

SEO itu penting ( Ya, semua blogger tahu itu ). Tapi masih banyak yang mempelajarinya dan mempraktekannya (Sama halnya dengan saya). Optimasi SEO sebagai pendongkrak situs Anda untuk bisa 'muncul' dihalaman pertama mesin pencari. Bukan hal mudah memang untuk menggeser mereka dihalaman pertama Google. Tapi bukanlah hal yang sulit bila Anda sudah tahu optimasinya, Baik On page maupun off page.

Bicara Soal SEO, saya teringat dengan salah satu postingan dari situs Blogodolar.com, dimana penulisnya menunjukan beberapa optimasi On page SEO, postingannya berjudul On-Page SEO: 10 Faktor yang harus Anda perhatikan. Dimana pada masing-masing paragrafnya memberikan penjelasan yang jelas dan saya kira mudah untuk dipahami, entah menurut Anda.

Kesimpulan

Dalam membuat postingan Blog bertema Gado-gado, tentu memiliki perencanaan yang sama dengan membuat blog yang membidik satu niche tertentu. Karena pada dasarnya yang membedakan diantara keduanya adalah pembaca yang akan dibidik karena beragamnya topik yang menjadi bahasan didalamnya. Selamat mencoba.

3 komentar

Waduh aku mah gak pakai rencana, dari awal punya blog sampai sekarang isi saja dengan yang aku mau, hehehe. Mungkin karena aku memang murni ngeblog buat have fun, ya. Tapi kalau yang mau serius boleh juga tuh direncanakan dengan matang :)

Reply

Tidak masalah kok. Karena memang beberapa blog juga melakukan hal yang sama. Tapi kunjungannya juga meninggi. Sebagai contoh adalah Blog berjudul Dunia Karyawan, sudah pernah menggaet hingga 1.010 kunjungan. Blog seperti itu biasa disebut Blog Otoritas.

Tinggal perlu optimasi saja seperti on page seo atau penggunaan kata kunci.

Reply

kaya blog itu gado2 yg penting bwt blog itu bikin fun sm buat pengunjung terhibur gan betul kan? thanks bgt infonya gan

Reply

Post a Comment

Bagi sobat yang selesai minum kopi eh maksudnya baca artikel disini, jangan lupa sempatin waktu untuk bagi-bagi Komentar Jangan pelit-pelit. Selain menjadi respon agar tak hanya membisu juga membantu kita untuk saling berkunjung . Terima kasih.

CodeNirvana
Newer Posts Older Posts
© Copyright Super Soger | Designed By Code Nirvana
Back To Top