Loading...

5 Tips membuat data terpercaya di Blog

Halo Sobat Blogger (Soger), siapa sih yang tak asing dengan data ? Ya, setidaknya dalam pelajaran matematika tentu tak asing dengan data (Perasaan, pelajaran lain juga ada, misalnya komputer) dalam sebuah posting kadangkala kita membutuhkan atau menyisipkan data didalamnya. Data yang disisip pada blog tentu akan memberikan reaksi yang berbeda pada para pembaca. Ada yang percaya hampir 100%, ada juga yang reaksinya setengah-setengah, setengah tak percaya setengah tak yakin ( Ya sama aja dong). Daripada kita ngebahas soal yang setengah-setengah mending nyari aja jalan keluar (emang kita dari tadi muter-muter dimana) Bukan, bukan itu maksud saya tapi bagaimana jalan keluar ataau solusi untuk membuat data yang kita sisipkan bisa memiliki titik valid atau membuat data kita dipercaya oleh pembaca. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa dicoba untuk membuat data dalam blog kita dapat dipercaya oleh pembaca.

 5 Tips membuat data yang terpercaya

Menyertakan Referensi

Beberapa situs memang sudah begitu populer hingga mempermudah penulis blog untuk membuat datanya terpercaya. Tinggal menuliskan situs yang bersangkutan semua akan selesai (selesai datanya, bukan seluruhnya), silakan dilanjut postingannya. Memberi sedikit deskripsi tentang situs yang bersangkutan mungkin bisa memberikan informasi bagi para pembaca yang kiranya belum mengenal situs tersebut. Dengan menampilkan sumbernya, pembaca tak perlu khawatir dengan kebohongan data yang ditampilkan dan tentu saja dapat memberikan manfaat bagi kita, Apa manfaatnya. Simak pada link berikut !

Memberikan tautan pada sumbernya

Kalau kurang percaya mungkin kurang yakin (Sama aja kali) bisa memberikan tautan kepada sumber yang bersangkutan (Apa itu tautan ?) Tautan = link. Jadi, berikan link sebagai jembatan tol menuju Madura (Bukan, maksud saya jembatan menuju sumber data). Karena mungkin saja ada ketidaksengajaan pengolahan data yang salah bisa pembaca laporkan pada penulisnya. Meskipun tidak dengan memberikan respon, setidaknya pembaca bisa lebih percaya (tidak setengah-setengah lagi) dengan setiap data yag kita ditampilkan didalamnya. Tentunya buat tautan tersebut yang manis dan ramah bagi para pengunjungnya, setidaknya bisa ditemukan dan diklik dengan mudah, itu saja.

Kejelasan data

Beberapa data mungkin melibatkan diagram grafik didalamnya, apapun itu bentuknya (Lingkaran, bujur sangkar, segitiga terserah). Poin pentingnya adalah data yang ditampilkan harus jelas, hindari penggunaan data yang main kabur-kaburan dari Rumah, ini bisa memberikan perselisihan pada para pembaca, pemahaman yang berbeda terlebih lagi bila mereka sudah menelusuri lebih jauh, yakni pada sumbernya. Karena sudah tahu kan alasannya, yang tadi itu loh.

Sumber yang relevan

Relevan udah pada tahu belum, mudahnya sebut saja mirip-mirip atau data yang sama persis (Plagiat dong). Bukan begitu, beberapa berita seperti jumlah kecelakaan misalnya berapa korban jiwa, berapa dan berapanya itu tentu harus sama bukan dengan data yang mungkin saja meliput berita yang sama. Meskipun pembahasan dari sudut pandang yang berbeda, namun jangan memandang data untuk perlakuan yang sama.

Penyajian yang user friendly

Penampilan yang user friendly tentu akan memberi dampak pada pembacanya, maksudnya penampilan yang umum dijumpai sebagai bentuk standarisasi dengan penampilan data pada situs lainnya. Seperti apa bentuk penyajian data yang umum, yakni bentuk batang, lingkaran, maupun garis. Jadi, bagi kamu yang kreatif jangan dituangkan pada penggunaan data yang kamu sajikan. Karena belum tentu data yang dapat kamu baca, bisa dibaca oleh para pembaca. penyajian data yang memiliki standar "ramah" dengan pembaca. Penyajian data yang sesuai standar dapat memberikan kemudahan dalam pembacaan dan memberi kesan profesional pada blog.

Kesimpulan

Data yang ingin kita tampilkan pada para pembaca tentulah harus melewati koreksi dari penulisnya, kalau-kalau ada kesalahan yang tidak sengaja setidaknya bisa diminimalisir. Apalagi bila data tersebut memang cukup penting untuk diketahui para pembaca guna menunjang isi dalam postingan. Membuat data terpercaya di blog memang menyita banyak waktu, namun penyajiannya yang baik tentu memberikan kepuasan tersendiri bagi penulis maupun pembacanya. Data, menjadi alat penguat dalam postingan terkait, agar kita tidak dianggap sebagai pembual dengan hanya obral tulisan tapi tidak ada saksi didalamnya.

Post a Comment

Bagi sobat yang selesai minum kopi eh maksudnya baca artikel disini, jangan lupa sempatin waktu untuk bagi-bagi Komentar Jangan pelit-pelit. Selain menjadi respon agar tak hanya membisu juga membantu kita untuk saling berkunjung . Terima kasih.

CodeNirvana
Newer Posts Older Posts
© Copyright Super Soger | Designed By Code Nirvana
Back To Top