Loading...

Apa pengaruh warna pada Blog ?

Hai Soger, saya kira semua orang punya warna kesukaannya sendiri, tahukah kamu bahwa warna nyatanya juga dapat mempengaruhi aktivitasnya para blogger. Salah satunya adalah kepercayaan. Kita mungkin tidak begitu percaya bila pisang berwarna merah, jeruk berwarna biru atau bahkan kulit berwarna ungu. Sama halnya dengan dunia blog. Penggunaan warna dalam blog tentunya juga memberikan makna pada pembacanya. Lalu, apa saja pengaruh lain dari pemilihan warna khususnya pada warna yang tepat. Lebih lanjut kita membahas tentang ini.

5 Pengaruh warna pada blog

Banyak sekali pengaruh warna yang ditimbulkan. Beberapa pengaruh berikut mungkin penting untuk diketahui dan direnungkan. Pemilihan warna yang bermakna "Terpaksa" tentu akan berbeda dengan warna yang dipilih sesuai selera. Berfokus pada warna template maupun judul dan konten. Berikut 5 pengaruh warna yang saya rangkum sebagai bahasan kali ini.

A. Membentuk Semangat

Penggunaan warna yang tepat dihati, memberikan semangat untuk menulis setiap hari. Dimana, setiap tulisan yang sukses dipublikasikan berpadu dengan warna-warna yang menyenangkan meski tetap dituntut untuk profesional. Penggunaan pada warna yang terkesan bersih seperti putih maupun abu-abu muda juga terasa luas, namun beberapa warna asalkan tidak mencolok dengan penempatan yang baik juga tidak kalah menariknya untuk dicoba.

B. Ikut serta memberi kenyamanan

Sebelum membaca konten, secara sengaja maupun tidak tentu tak asing dengan tampilan Blog. Khususnya dalam segi warna. Pengaruh warna yang tak kalah penting adalah sebagai tolak ukur apakah blog nyaman dikunjungi atau tidak. Oleh karena itu, perubahan template sebaiknya diberikan banyak pertimbangan, ya khususnya dalam warna bila memang mendapat banyak sekali komentar positif tak ada salahnya untuk dipertimbangkan meski berganti-ganti template. Asal jangan terlalu sering saja.


C. Media inspirasi

Bila memang pemilihan warna yang menarik mengundang decak kagum pengunjung, tak sedikit tentunya yang bisa menjadikannya sebagai inspirasi. Inspirasi yang muncul bisa saja menguntungkan kita. Misalnya ada Desainer nyasar  lalu memberikan masukannya yang berharga dengan menyinggung warna yang ita gunakan. Inspirasi bisa timbul dimana saja, termasuk warna dalam blog yang mungkin sangat menarik namun jarang yang menggunakan.


D. Membuatnya Tampil Beda

Tampil beda dalam artian berdampak positif, bukan sebaliknya. Penggunaan warna yang tampak aneh maupun menarik cukup membuat keberadaan blog cukup oke ditengah-tengah banyaknya blog yang berdiri. Membuat Blog tampil beda dengan kolaborasi warna yang menarik itu bukan hal yang mudah, namun tidak bagi yang sudah rajin mempelajari dan mau mencoba meski pernah gagal.

Perpaduan warna yang tampil beda sangat disarankan bila membuat blog berjalan jauh lebih cepat, atau warna yang sesuai dengan niche blog yang dipilih. Karena hal-hal seperti ini tentu memberikan dampak yang baik bagi blog tersebut kedepannya.


E. Pencerminan Karakter

Untuk mengenal siapa dalang dibalik konten tak harus dibuat penasaran dengan orangnya secara langsung. Melalui blognya  kita bisa tahu bagaimana karakter admin blog tersebut. Meskipun tidak begitu akurat (Beberapa Blog memang menggunakan warna hitam, termasuk saya sedikit, mengingat hitam identik dengan hilang atau benda yang mati). Beberapa warna mungkin memang jadi cerminan, apalagi bila blog tersebut begitu pribadi, berisi curahan hati penulisnya atau berisi pengalaman hidupnya yang dipublikasikan.

Warna yang menjadi cerminan karakter membuat pengunjung bisa belajar untuk memahami, meskipun tidak seluruhnya. Setidaknya sebagai pembaca tentu tahu seperti apa penulis yang tulisannya sedang Anda baca.

F. Kesan Profesional

Beberapa warna yang terkesan baik dan umum untuk banyak orang memang memiliki nilai lebih. Dimana, selain warna yang nyaman juga membuatnya terkesan profesional. Website yang profesional tentu memiliki bahasan yang luas dan tentunya mencakup banyak ruang. Lebih mudahnya, kita sebut website, khususnya blog yang memiliki kesan profesional dari tampilan tentu bahasan yang diangkat juga memiliki nilai yang sama.

Meskipun pembaca tidak boleh tertipu oleh penampilan akibat banyaknya template gratisan yang tak kalah menarik. Web dengan pewarnaan profesional dapat juga menjadi faktor pendongkrak SEO agar pengunjung bisa diangkat ( Diangkat bukan badannya, tapi lebih ditingkatkan kunjungannya).

G. Pembentuk Keserasian

Suatu Blog tentu saja tak hanya dilihat dari segi tata letak maupun penggunaan font saja untuk bisa dikatakan serasi. Warna juga menjadi bagian dalam membentuk itu semua. Bagaiman blog Anda dikatakan serasi, Konten Anda terlihat serasi maupun iklan yang Anda pasang tampak begitu serasi selain pengaturan ukuran yang dilakukan. Pemilihan warna yang serasi tentu memberikan peluang untuk bisa mendapat kunjungan dari banyak orang sekali bahkan berkali-kali.

Lagipula yang merasakan keserasian itu tak hanya pengunjung, tapi kita sendiri yang sampai muak untuk melihat sepuasnya. Kalau warna yang kita pilih serasi, tentu enak dipandang dan tak mudah membuat jenuh tatkala mempublikasikan artikel didalamnya.

H. Tolak Ukur Kreativitas

Penggunaan warna yang tepat tentu dapat diwujudkan dengan tingkat kemahiran dalam menuangkan ide-ide seninya. Sehingga warna dalam blog menjadi tolak ukur kreativitas yang dimiliki oleh pembuatnya. Tentunya hanyalah orang-orang yang penuh perjuangan yang dapat mewujudkan semua ini, kalau bagi orang yang suka instan alias langsung pakai dalam menggunakan template (Adminnya tuh yang disindir, bener banget). 

Bukan tidak mungkin bila menggunakan blog sebagai kanvas. Karena dengan domain yang gratis, tentu saja dapat memberikan kemudahan melakukan banyak teknik-teknik kreatif di Blog. Kalau sudah jadi bisa kita jadikan sebagai pengisi konten, ya memberikan link unduh dengan memberikan deskripsi didalamnya. Beberapa situs seperti templatemonster.com menjadi cara untuk menjual template hasil kreasi kita.

Kesimpulan

Penggunaan warna memang memiliki pengaruh pada blog. Dimana tak hanya dirasakan oleh penulis atau pengelola blog tapi juga para pengunjungnya. Dimana pemilihan warna yang tepat dan baik tentunya dapat membuat Blog berjalan lebih optimal dan memberikan kemajuan.

 

2 komentar

Benar sekali saya setuju. Pemilihan warna yang tepat bisa menjadi daya tarik tersendiri. Ini ada kaitannya dengan psikologi manusia. Nice Artikel :)

Reply

Terima kasih kak Dades, pemilihan warna yang tepat memang mempengaruhi psikologi manusia, bisa jadi tambahan artikel nih. Terima Kasih.

Reply

Post a Comment

Bagi sobat yang selesai minum kopi eh maksudnya baca artikel disini, jangan lupa sempatin waktu untuk bagi-bagi Komentar Jangan pelit-pelit. Selain menjadi respon agar tak hanya membisu juga membantu kita untuk saling berkunjung . Terima kasih.

CodeNirvana
Newer Posts Older Posts
© Copyright Super Soger | Designed By Code Nirvana
Back To Top